Minggu, 08-09-2024
  • Madrasah Hebat Bermartabat

Pra MATSAMA MTsN 9 BLITAR Tahun Pelajaran 2024/2025

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan / Pendidikan

mtsn9blitar.sch.id Blitar – Jum’at, (12/07/24) MTsN 9 Blitar mengadakan Kegiatan Pra Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) tahun pelajaran 2024/2025. Kegiatan ini berlangsung di lapangan MTsN 9 Blitar kemudian dilanjutkan gladi bersih pembukaan MATSAMA (Masa Ta`aruf Siswa Madrasah). Menjadi sebuah rutinitas di dunia pendidikan lingkungan madrasah Ketika memasuki tahun pelajaran baru. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai Senin – Jumat (15-19 Juli 2024) yang wajib diikuti oleh siswa baru.

Pra-MATSAMA merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk menyiapkan para calon peserta didik baru sebelum kegiatan MATSAMA yang dilaksanakan pada awal masuk tahun pelajaran baru. Kegiatan pra-MATSAMA ini bertujuan untuk menyukseskan kegiatan MATSAMA gabungan yang dilaksanakan pada hari Senin (17 Juli 2024) di MTsN 9 Blitar. Peserta didik baru diberikan arahan dan informasi lebih lanjut oleh panitia MATSAMA serta pengurus OSIS MTsN 9 Blitar.

Calon peserta didik baru dibagi menjadi beberapa gugus. Seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Selesai gladi bersih, calon peserta didik baru diberikan waktu untuk istirahat dan diberikan informasi lagi sebelum kemudian pulang ke rumah masing-masing.

MATSAMA sendiri adalah masa orientasi atau kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal budaya kekhasan madrasah. Melalui kegiatan ini, para siswa baru madrasah akan dikenalkan lingkungan madrasah, kebiasaan dan budaya madrasah, tata tertib, sistem pembelajaran termasuk mengenalkan guru dan tenaga kependidikannya, keunikan dan keunggulan madrasah. Di samping itu, kegiatan MATSAMA ini juga digunakan untuk mengenalkan sejak dini beberapa prinsip yang menjadi pegangan tata kehidupan warga madrasah agar tercipta iklim akademik yang kondusif sarat dengan nilai akhlakul karimah.

Seluruh rangkaian kegiatan MATSAMA harus didesain sedemikian rupa sehingga memberi pengalaman yang menyenangkan, membahagiakan, dan tidak menegangkan. Untuk itu penyelenggaraan MATSAMA harus merujuk dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan sekolah Bagi Siswa Baru dan petunjuk teknisnya yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI melalui Direktor Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan