Minggu, 08-09-2024
  • Madrasah Hebat Bermartabat

Siswa – Siswi MTsN 9 Blitar Mengikuti  Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2024

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan / Pendidikan

mtsn9blitar.sch.id Blitar – Selasa, (02/07/24) Siswa-siswi MTsN 9 Blitar berpartisipasi dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2024 tingkat Kabupaten Blitar yang dilaksanakan di MA Ma’rif Udanawu – Blitar.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi, dan KSM juga berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam. Kompetisi Sains Madrasah 2024 dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat).

Terdapat 14 Bidang yang dilombakan, dan MAN 1 Musi Banyuasin menurunkan 9 siswa-siswinya untuk mengikuti 4 Bidang Lomba yaitu, Matematika, IPA, IPS dan Sosial Sains Terpadu. Binti Safa’atun, S.Pd Waka Kurikulum serta Guru-guru Pembimbing turut hadir mendampingi Siswa-siswi saat pelaksanaan KSM berlangsung.

Siswa-siswi MTsN 9 Blitar yang ikut kompetisi Sains Madrasah (KSM) di antaranya adalah Vanensa Nazrielatul Aulia yang akan berkompetisi dalam bidang IPA Terpadu, Alif Daris Kato Putra dalam bidang Matematika, dan Indah Fatmawati dalam bidang IPS Terpadu. Sementara itu, untuk kompetisi beregu dalam cabang Sosial Sains Terpadu akan diwakili oleh regu Achmad Tajudin Naufal Faruqi, Andin Kurniatul Azizah, Sinta Ririn Agustina.

Siswa-siswi telah melakukan banyak persiapan, melakukan bimbingan belajar yang di dampingin langsung oleh guru pembimbing setiap Bidang pelajaran yang dilombakan.

“Seperti kegiatan KSM tahun-tahun sebelumnya jadi sebelum pelaksanaan, MTsN 9 Blitar melaksanakan 2 tahapan, ada kegiatan mingguan yang di sebut ekstrakurikuler atau pengembangan diri terkait materi-materi KSM dan juga disaat sudah mendekati jadwal KSM ada yang namanya kelas intensif, dan kegiatan intensif ini di lakukan minimal 8 kali pertemuan bersama masing-masing pendampingnya. Setiap siswa mempelajari setiap materi dan yg soal-soal KSM” Ungkap Zelvia Malahayati, S.Si pendamping.

“Harapannya karena sudah dipersiapkan sebegitu matang dengan proses dan persiapan yang begitu panjang, maka harapan madrasah untuk KSM tingkat Kabupaten minimal kita bisa menjadi juara di seluruh mata pelajaran dan juga beregu. sehingga mewakili musi banyuasin diajang KSM tingkat Provinsi” Sambung Zelvi.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan