Senin, 24-06-2024
  • Madrasah Hebat Bermartabat

MTsN 9 Blitar Gelar Upacara Peringatan Harlah Pancasila Tahun 2024

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan / Pendidikan

mtsn9blitar.sch.id Blitar – Sabtu,1 Juni 2024 Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Blitar menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2024”. Kegiatan yang digelar di halaman MTsN 9 Blitar ini diikuti guru, karyawan dan siswa-siswi MTsN 9 Blitar.

Dalam upacara ini, Para guru dan karyawan MTsN 9 Blitar memakai baju Kopri sedangkan para siswa memakai baju putih biru.

Kepala MTsN 9 Blitar Mashudi, M.Pd, bertindak sebagai Inspektur Upacara. Saat membacakan sambutan Presiden RI, disampaikan bahwa keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Dalam sambutannya, Mashudi, M.Pd, mengajak semua warga madrasah untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila pada setiap aspek kehidupan. Momentum Lahir Pancasila juga diharapkan mampu terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pancasila sudah terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga hingga kini bangsa ini terus berdiri kokoh. Hal inilah yang saya harap dapat terus kita jiwai dan menjadi pedoman hingga kini,” harapnya.

Generasi muda juga diberikan pesan agar dapat mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila dengan cara-cara kekinian. Di tengah-tengah krisis global yang dihadapi sekarang, semangat Pancasila harapannya turut memberi sumbangsih dalam mengatasi hal itu.

“Generasi milenial dan Gen-Z harus bisa memberikan sumbangsih gotong royong untuk menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik yang dihadapi saat ini, karena saat ini merekalah pelaku utama dalam pembangunan bangsa,” ujarnya

Hari Lahir Pancasila 2024 mengangkat tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 1945”. Tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir pancasila oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2016 dan ditetapkan juga sebagai hari libur nasional.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan