Sabtu, 27-07-2024
  • Madrasah Hebat Bermartabat

MTsN 9 Blitar Siap Sukseskan Hari Sejuta Kiblat, Peristiwa saat Matahari Diatas Ka’bah

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan / Pendidikan

mtsn9blitar.sch.id Blitar – 27 Mei 2024 MTsN 9 Blitar ikut mensukseskan penyelenggaraan Hari Sejuta Kiblat oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Acara ini berkaitan dengan peristiwa Rashdul Kiblat atau Istiwa A’zam, yakni saat matahari diatas Ka’bah.

Hari Sejuta Kiblat adalah hari pengukuran arah kiblat. Seluruh masyarakat di Indonesia pun dapat melakukan ini secara serentak.

Dilansir dari akun Instagram resmi Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI, peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Mei 2024.
Saat posisi Matahari melintas tepat di atas ka’bah, masyarakat Indonesia bisa mengukur sendiri arah kiblat untuk di rumah, sekolah, maupun tempat kerja.

Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan madrasah pada pukul 16.00 WIB s/d 16.20 WIB dan dihadiri kepala madrasah, guru pai serta para siswa-siswi MTsN 9 Blitar.

pada penentuan arah kiblat ini menggunakan media tiang yang lurus. Caranya gampang, cukup letakkan benda yang menjadi patokan alat ukur, dengan posisi harus tegak lurus dengan permukaan bumi. Pasalnya saat fenomena tersebut terjadi, semua bayangan dari benda yang tegak lurus akan mengarah kiblat.

Permukaan dasarnya juga harus datar dan rata. Adapun waktu pengukurannya ialah tanggal 27 Mei pukul 16.18 WIB atau 17.18 Wita.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan