Jumat, 18-10-2024
  • Madrasah Hebat Bermartabat

Monev Pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) MTsN 9 Blitar Tahun Pelajaran 2023/2024

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan / Pendidikan

mtsn9blitar.sch.id Blitar – Monev (Monitoring dan Evaluasi) terhadap pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) kelas IX MTsN 9 Blitar Tahun Pelajaran 2023/2024 yang dilakukan oleh Pendma hari ini (24/04) berlangsung lancar dan sukses.

Asesmen Madrasah atau Ujian Madrasah adalah asesmen sumatif yang dilaksanakan kepada peserta didik kelas akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

Asesmen Madrasah (AM) mencakup seluruh mata pelajaran (mapel) yang diajarkan di madrasah, baik kelompok mata pelajaran wajib (nasional) maupun muatan lokal. 

Asesmen Madrasah (AM) diikuti oleh peserta didik pada jenjang akhir pendidikan pada madrasah sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada madrasah untuk menyelenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan (SKL) bagi peserta didiknya.

Adapun bentuk soal yang diujikan tidak hanya berbentuk pilihan ganda, namun tersedia banyak model soal seperti pilihan ganda kompleks, menjodohkan, jawaban benar-salah dan lain-lain.

Tujuan pelaksanaan monev yakni untuk memantau pelaksanaan Asesmen Madrasah dan memastikan proses Asesmen berjalan dengan lancar tanpa kendala. Kedepannya, hasil monev AM dapat dijadikan bahan evalusi dalam pengambilan kebijakan lebih lanjut terkait pelaksanaan AM, validasi soal, hingga perlengkapan administrasi Asesmen di masa yang akan datang.

Secara umum, Budianto, S.Kom. mengapresiasi penyelenggaraan Asesmen Madrasah di MTsN 9 Blitar yang berlangsung baik dan lancar. Harapannya, seluruh peserta didik dan penyelenggara AM dapat terus bekerjasama mematuhi tata tertib Asesmen, sehingga pelaksanaan Asesmen Madrasah dapat terus berjalan sukses hingga hari terakhir.
“Semoga anak-anak yang hari ini mengikuti AM diberikan kemudahan, kelancaran, dan hasil yang maksimal serta tercapai semua cita-citanya, yang ingin melanjutkan di jenjang yang lebih tinggi dapat di terima di sekolah terbaik sesuai yang dicita-citakan,” tambahnya.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan