Minggu, 08-09-2024
  • Madrasah Hebat Bermartabat

MTsN 9 Blitar Adakan Istighosah Jelang Ujian Madrasah Kelas IX

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan / Pendidikan

mtsn9blitar.sch.id Blitar – Jelang Ujian Madrasah / Asesmen Madrasah (AM) yang akan dilaksanakan Senin tanggal 22 April 2024 seluruh Siswa kelas IX dan guru MTsN 9 Blitar adakan Istighosah bersama di Masjid Al-Hikmah, Jumat (19/04). Acara ini dilaksanakan setelah sholat dhuha dan acatra berjalan dengan penuh hikmat dan tertib.

Isthighosah bersama ini dilakukan bertujuan untuk meminta dipermudah dan dilancarkan dalam melaksanakan Ujian Madrasah / Asesmen Madrasah (AM) khususnya untuk siswa- siswi kelas IX yang akan di laksanakan senin depan.

Asesmen Madrasah atau Ujian Madrasah adalah asesmen sumatif yang dilaksanakan kepada peserta didik kelas akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

Asesmen Madrasah (AM) mencakup seluruh mata pelajaran (mapel) yang diajarkan di madrasah, baik kelompok mata pelajaran wajib (nasional) maupun muatan lokal. 

Asesmen Madrasah (AM) diikuti oleh peserta didik pada jenjang akhir pendidikan pada madrasah sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada madrasah untuk menyelenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan (SKL) bagi peserta didiknya.

Adapun bentuk soal yang diujikan tidak hanya berbentuk pilihan ganda, namun tersedia banyak model soal seperti pilihan ganda kompleks, menjodohkan, jawaban benar-salah dan lain-lain.

Dijelaskan Narto, Kegiatan istighosah atau renungan ini untuk memohon dilancarkannya Ujian Nasional untuk anak kelas IX. Sekaligus agar seluruh siswanya terbiasa membaca Al Qur’an di madrasah. Selain itu, kegiatan positif ini untuk membatasi anak-anak didiknya dari perilaku yang tidak baik.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini anak-anak didik kami dapat melaksanakan Ujian nasional dengan baik serta bertambah kecerdasannya dalam menerima pelajaran di sekolah,“tuturnya.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan