Minggu, 08-09-2024
  • Madrasah Hebat Bermartabat

Hari Pertama Masuk,MTsN 9 Blitar Gelar Halal Bihalal Guru dan Karyawan Hingga Siswa

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan / Pendidikan

mtsn9blitar.sch.id Blitar – Kamis (18/04/24) merupakan hari dimulainya kegiatan di lingkungan MTsN 9 Blitar selepas libur Hari Raya. Kesempatan itu diisi dengan dua kegiatan sekaligus yang melibatkan interaksi antara pendidik dan peserta didik yakni Apel pagi sekaligus halal bihalal dilebur menjadi satu.

Apel dimulai ketika mentari masih memancarkan sinar hangatnya yang berpadu dengan udara segar pagi hari. Pukul 07.00 WIB para peserta apel mulai memasuki lapangan utama sekolah. Membentuk barisan rapi. Dewan pendidik, tenaga kependidikan, siswa-siswi kelas VII, maupun kelas IX.

Kepala MTsN 9 Blitar, Mashudi, M.Pd. menjadi pembina apel mengutarakan pentingnya meningkatkan kualitas diri, menjadi pribadi yang pemaaf dan memperkuat silaturahmi pasca momen Idul Fitri tahun ini.

“Idul Fitri telah berlangsung seminggu yang lalu. Akan tetapi nuansanya masih terasa saat ini. Marilah kita semua yang telah kembali dipertemukan pada apel ini menjadi pribadi yang ‘fitrah’ kembali. Meningkatkan kualitas ibadah, saling memaafkan dan menjaga jalinan silaturahmi yang positif. Semoga kita juga dipertemukan kembali dengan momen ramadhan dan lebaran di kesempatan mendatang.” Terangnya.

Setelah kegiatan apel selesai, dilanjutkan dengan acara  halal bihalal dengan bersalam-salaman. Pertama, dewan guru dan tenaga kependidikan berbaris dan saling berjabat tangan sebagai simbol kerendahan hati dalam memberi dan meminta maaf dengan membentuk formasi mengular. Disambung siswa-siswi kelas VII dan IX yang menyalami masing-masing Bapak/Ibu guru dengan santun. Lantunan lagu bernuansa Islami yang berbalut dengan tema Hari Raya menjadi pengiringnya. Menambah larut suasana halal bihalal di lapangan utama.

Halalbihalal berasal dari kata halla-yahillu yang bermakna ‘menguraikan’ atau ‘mengampuni’. Saling memaafkan antar insan sehingga tercipta harmoni dalam kehidupan.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan