Kamis, 19-09-2024
  • Madrasah Hebat Bermartabat

Pengenalan dan Aktualisasi Projek P5P2RA ke Peserta Didik | MTsN 9 Blitar

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan / Pendidikan

mtsn9blitar.sch.id Blitar – Sesuai dengan namanya, P5P2RA adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang dilaksanakan di MTs Negeri 9 Blitar saat ini. Dalam kurikulum ini terdapat hal baru yang di sebut Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin.

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang dilaksanakan di sekolahsaya saat ini. Dalam kurikulum ini terdapat hal baru yang di sebut Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Dalam hal ini diharapkan peserta didik dapat memiliki kesempatan belajar dari lingkungan nya dengan berkarakter Pancasila yang Rahmatan Lil Alamin.

P2P5RA ini diharapkan dapat mengembangkan pemahaman dan kesadaran peserta didik tentang nilai-nilai Pancasila, kewarganegaraan, demokrasi, dan hak asasi manusia berdasarkan keTuhanan Yang Maha Esa. Saya sebagai guru dapat menyusun metode serta strategi pembelajaran yang sesuai minat dan profil peserta didik. Menurut saya guru itu seperti petani dan peserta didik itu seperti benihnya, bahwa artinya petani harus mampu merawat benih itu dengan baik jika ingin menghasilkan tumbuhan yang baik.

Dengan kurikulum Merdeka saat ini nantinya tidak akan ada lagi pengkotak-kotakan jurusan berdasarkan IPA, IPS , Bahasa atau Agama. Saya melihat dengan P2P5RA ini peserta didik menjadi lebih berkarya dan berusaha melaksanakan dengan sebaik-baiknya. Sehingga mereka lebih ceria dan bahagia dalam menempuh pendidikan sekarang ini.

MTs Negeri 9 Blitar menggelar projek tersebut dengan mengangkat tema Gaya Hidup Berkelanjutan “Sampahku Tanggung Jawabku” yang dilaksanakan oleh peserta didik kelas VII dan VIII. Proyek ini dilalui selama 4 hari, dimulai hari ini senin 19 februari s/d 22 februari 2024.

Peserta didik diberikan arahan tahap apa yang di lakukan pada pertemuan pertama (19/02/24) yaitu:

  1. Tahap pengenalan : membahas tentang Materi Gaya Hidup Berkelanjutan Sampahku Tanggung Jawabku dengan membangun kesadaran peserta didik memahami dampak dari aktifitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya.
  2. Tahab Aktualisasi : menggali permasalahan di lingkungan sekitar madrasah yang terkait dengan topik pembahasan yaitu:
  • Melihat Berbagai jenis sampah
  • Mengumpulkan berbagai jenis sampah
  • Menjelaskan bahaya sampah
  • Mencari solusi masalah
  • Menetapkan solusi sebagai ide

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan