Jumat, 19-07-2024
  • Madrasah Hebat Bermartabat

Upacara HUT HGN & PGRI ke 78 Tahun | MTsN 9 BLITAR

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan / Pendidikan

mtsn9blitar.sch.id Blitar – Upacara bendera Hari Guru Nasional (HGN) & Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dimulai pada pukul 07.00 WIB hari Sabtu Tanggal 25 November 2023. Upacara di pimpin langsung oleh kepala bapak M. Sholekhan, S.Pd dan guru sebagai petugas upacara bendera, serta diikuti oleh seluruh siswa/i MTsN 9 Blitar dengan hikmat. Pada kali ini, dalam gelar upacara bendera Hari Guru Nasional tahun 2023 mengangkat tema “Guru Pembelajar, Bahagia. Mengajar” hal tersebut sesuai dengan logo resmi HGN Tahun 2023.

Berlansungnya gelar upacara bendera Hari Guru Nasional (HGN) di MTsN 9 Blitar. Mulai dari laporan Pemimpin upacara kepada Pembina upacara bahwa upacara akan segera dimulai sampai pengibaran bendera merah putih, setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang dibawakan dari guru dan Karywan MTsN 9 Blitar. Juga ada persembahan nyanyian lagu oleh seluruh peserta siswa/i MTsN 9 Blitar.

          Selanjutnya, pidato bapak Kepala MTsN 9 Blitar Mashudi, M.Pd saat peringatan Hari Guru Nasional yang bertugas sebagai pembina upacara merasa bangga dan terharu, setelah melihat dewan guru sebagai petugas upacara. Melaksanakan tugas upacara dengan sangat baik dan berpesan juga kepada siswa jangan melupakan jasa guru yang menjadi pahlawan tanpa jasa.

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada  dewan guru yang telah bertugas pada upacara bendera Hari Guru Nasional hari ini. di sisi lain, ia pun menyampaikan terkait tema Hari Guru Nasional tahun 2023 ini yaitu Guru Pembelajar, Bahagia. Mengajar” ujarnya di hadapan  semua dewan guru dan peserta upacara saat menyampaikan amanat pembina upacara sera berpesan jangan melupakan jasa guru yang telah menjadikan anak-anak bangsa menjadi pintar, mereka tanpa pamrih dan tanpa jasa memberikan ilmu kepada semua anak bangsa.

Selain itu juga menyampaikan sambutan dari Menteri Agama Indonesia Yaqut Gholil Qoumas.Hanya orang-orang terbaiklah yang terpilih menjadi guru. Baru memilih profesi lainnya. Guru adalah profesi yang sangat agung dan bermartabat. Apresiasi tertinggi patut disematkan kepada guru-guru lndonesia. Guru lah suluh bangsa yang menjadi penerang dan sosok yang mencerahkan setiap generasi, mengantarkan kebangkitan dan kemajuan bangsa. Bapak Guru lndonesia, Ki Hajar Dewantara, berpesan, “lng ngarsa sung tulada, lng madya mangun karsa, Tut wuri handayanr, “. Guru adalah mereka yang terus memberikan keteladanan di depan, menciptakan prakarsa dalam kebersamaan, dan memotivasi untuk terus berprestasi. Saat tantangan zaman kian kompleks, guru ikut memikul tanggung jawab besar dalam membentuk generasi yang tangguh, sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama kehadiran kecerdasan buatan seperti Chat GPT Artificial lntelligence (Al), menjadikan guru untuk terus menjadi pembelajar demi lahirnya anak bangsa yang mumpuni dalam merespons isu global masa kini.

Hadirin yang Terhormat
Kita saat ini sedang berusaha bersama menyongsong lndonesia Emas Bonus demografi di depan mata. lndonesia panen generasi produktif di era transformasi digital. Tentu para guru berperan penting dalam ikut membentuk mereka menjadi pribadi hebat dan berkarakter di era transformasi digital. Tema Hari Guru Nasional tahun 2023, “Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar,” mencerminkan potret guru yang transformatif. Kementerian Agama telah dan akan terus mengambil langkah signifikan demi memfasilitasi
peningkatan kompetensi guru melalui program digital literacy, digitalisasi madrasah, dan bantuan pembelajaran digital. Kementerian Agama juga berkomtimen untuk terus memberikan perhatian dan afirmasi bagi peningkatan kesejahteraan guru.
Sebab, guru memegang peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, asesmen komprehensif, penjaminan mutu, dan tata kelola pendidikan. Sebab, pendidikan juga memiliki kapasitas untuk mentransformasi anak didik menjadi manusia yang tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas,
tetapi juga kepribadian yang kuat, kreativitas yang berkembang, dan moralitas yang terpuji.ujarnya

       Pelaksanaan peringatan upacara bendera Hari Guru Nasional tahun 2023 berjalan dengan lancara  sesuai dengan keinginan kita bersama. kemudian dilanjutkan dengan persembahan penampilan dari seluruh siswa/i MTsN 9 Blitar,persembahan tersebut diantaranya menyayikan lagu Hymne Guru,Hymne Madrasah,Jasamu guru. Semua ini di persembahkan ke seluruh guru & Karyawan MTsN 9 Blitar.

selanjutnya  di tutup dengan doa, kemudian dilanjutkan penyerahan hadiah dari siswa/i ke guru MTsN 9 Blitar, serta diakhiri dengan foto bersama.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan