Senin, 16-09-2024
  • Madrasah Hebat Bermartabat

Sosialisasi Madrasah Adiwiyata dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. Blitar

Diterbitkan : - Kategori : Kesiswaan

mtsn9blitar.sch.id Blitar – SEKOLAH ADIWIYATA adalah SEKOLAH yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program ADIWIYATA diharapkan seluruh masyarakat di sekitar SEKOLAH agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita.

Dalam rangka persiapan menuju madrasah adiwiyata tingkat Kabupaten 2023. MTsN 9 Blitar melaksanakan sosialisasi adiwiyata sebagai bentuk upaya mewujudkan sekolah yang nyaman untuk kegiatan belajar mengajar bagi warga madrasah.

Sosialisasi berlangsung pada Rabu, 25 Oktober 2023 di MTsN 9 Blitar yang ditujukan kepada seluruh siswa, guru, dan warga madrasah dilingkungan MTsN 9 Blitar. Pelaksanaan sosialisasi diberikan arahan dan sambutan oleh Wakil kepala madrasah Dra. Binti Junaidah, M.Pd.I menyatakan madrasah untuk selalu peduli, lingkungan sehat, bersih serta lingkungan yang indah dengan harapan program adiwiyata mencapai adiwiyata tingkat Kabupaten. 

Selanjutnya adalah arahan penjelasan dan pengenalan lebih dalam mengenai Adiwiyata oleh Dinas Lingkungan Hidup Bapak Rofi.i menjelaskan dan mengenalkan ADIWIYATA berasal dari bahasa Sansekerta yaitu kata Adi berarti besar, agung, baik ideal/sempurna, dan Wiyata yang berarti tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, dan etika. Sedangkan ADIWIYATA adalah tempat yang besar, agung, baik, dan indah yang dimana tempat itu digunakan oleh seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika.

Dalam penjelasannya, disampaikan juga tujuan adiwiyata, tahapan GPBLHS, kriteria sekolah adiwiyata, panduan penyusunan kuesioner, serta alur penilaian dan pemberian penghargaan adiwiyata. Ujarnya

Tujuan Dari ADIWIYATA :

Tujuan Umum : membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

Tujuan Khusus : mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutanPrinsip Dasar Program

ADIWIYATA :Edukatif, prinsip ini mendidik programer Adiwiyata untuk mengedepankan nilai-nilai pendidikan dan pembangunan karakter peserta didik agar mencintai lingkungan hidup, baik lingkungan dalam sekolah, di rumah dan di masyarakat luas.Partisipatif, komunitas sekolah harus terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggungjawab dan peran.Partisipatif ini juga merupakan sebuah sikap yang harus dituntujukkan kepada lingkungan sekitar sekolah dari komite sampai pemerintahan setempat, harus dilibatkan, agar pelestarian lingkungan hidup dari sekolah bisa berdampak ke lingkungan sekitar.Berkelanjutan, seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif/berkesinambungan.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan