Minggu, 08-09-2024
  • Madrasah Hebat Bermartabat

Yuk Ketahui, Apa Itu Matsama ?

Diterbitkan : - Kategori : Pendidikan

Sebagian besar dari kita tentu sudah tak asing dengan istilah MOS atau Masa Orientasi Sekolah. MOS merupakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah serta peraturan-peraturannya kepada siswa baru.

Namun di MTs N 9 Blitar, Jumat, (14/07/2023) istilah MOS sudah diganti dengan istilah baru yaitu Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau yang disebut Matsama. Sebenarnya apa itu Matsama? Matsama adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Para peserta didik ajaran baru tahun 2023/2024 ikut serta dalam melaksanakan kegiatan Matsama. Matsama termasuk ke dalam pengenalan lingkungan sekolah serta program-program, metode belajar, sarana prasarana, konsep pengenalan diri serta pembinaan awal terhadap kultur sekolah. 

Sebagaimana diketahui, Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah  atau Matsama telah disesuaikan dengan Permendikbud nomor 18 tahun 2016. Dikutip dari laman wikipedia, “Masa Masa Ta’aruf Siswa Madrasah juga menjadi sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.” 

Matsama juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di madrasah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di madrasah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan madrasah. 

Pada kebanyakan madrasah, biasanya Matsama sepenuhnya dilaksanakan oleh kelompok siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dengan guru sebagai pihak pengawas, asisten dan pemantau kegiatan selama Matsama berlangsung.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan